Ada kendala dalam menganalisis pemeran pria karena postur dalam video itu terbatas.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Pakar Telematika, Roy Suryo mengapresiasi langkah Jajaran Polda Metro Jaya dalam menyelidik urusan video asusial mirip artis Gisella Anastasia alias Gisel. Dia serupa berharap, langkah profiling terhadap wujud pria dalam video yang sempat menghebohkan jagad dunia maya lekas bisa diungkap, hingga publik keahlian fakta sebenarnya.

Namun, Roy mengakui, ada kendala di menganalisis pemeran pria tersebut. Jadi, dia sendiri tidak melakukan pengkajian karena postur dalam video tersebut sangat terbatas.  

“Video 19 detik tersebut, (sosok pria) sangat minim dan hanya dari samping, terlalu kecil data yang bisa diperoleh untuk diolah, ” kata Politikus Kelompok Demokrat tersebut, Sabtu (21/11).

Menurut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu, analisa dengan telah dilakukannya saat mengolah pemeran wanita bukan sekadar ‘cocokologi’. Namun, harus diuji dan dibuktikan secara alamiah. Sehingga, masing-masing pihak dengan terlibat dalam video tersebut bisa terungkap.

“Tidak hanya hingga dua penyebar yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Tetapi juga para pelakon, hingga perekam ulang arah video panas itu, ” kata Roy

Selain itu, Roy juga mempertanyakan, sikap Gisel dengan tidak memberikan bantahan saat ditanya media pascapemeriksaan. Padahal, kata Roy, kesempatan baginya untuk bisa membela diri dan membersihkan namanya kalau yang bersangkutan bukan pemeran pada video 19 detik itu.

“Seharusnya GA bisa memanfaatkan jalan tersebut untuk membela diri makin membersihkan namanya dari “tuduhan” itu. Namun sayang, sikapnya malah kian membuat masyarakat memiliki penilaian terpisah, ” ujar Roy.

Sebelumnya, Gisel sudah menjalani pemeriksaan pada Polda Metro Jaya, terkait video asusila mirip dirinya. Gisel berangkat di periksa Polda Metro Jaya pukul 11. 00 WIB & baru keluar dari Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sekitar pukul 15. 50 WIB. Dengan mengenakan kemeja berwarna putih, Gisel tak banyak bicara menjawan pertanyaan-pertanyaan dari tubuh media.

Gisel mengaku, jika pemeriksaannya tentang video asusila mendekati dirinya itu berjalan dengan indah. Dia pun secara kooperatif membalas pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan penyidik kepadanya itu.  

“Kita ikutin saja prosedurnya, sebagai warga negara yang baik datang dan ikutin aja prosedurnya, ” kata Gisel.

Beberapa pernyataan yang dilontarkan oleh awak media tidak dijawabnya. Bahkan saat ditanya apakah video asusila mirip dirinya yang beredar di media sosial, Gisel tidak membantah atau mengiyakan.  

Dia lebih memilih untuk langsung masuk ke dalam mobil Alphard warna putih. Tidak hanya Gisel, pengacaranya pun bungkam enggan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari awak media.

“Sudah ya, God bless you , ” cakap Gisel sesaat sampai di dalam mobilnya.