Tubuh mempunyai pertahanan yang kuat dan mampu menghalau semua virus.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Dokter ahli keolahragaan dr Arie Sutopo SpKO mengajak masyarakat Indonesia untuk terus berolahraga. Aktivitas ini untuk mengelola dan meningkatkan daya tahan tubuh yang diperlukan untuk membantu menangkal penularan Covid-19.

“Jadi kalau kita bergerak, olahraga maksudnya yang sekarang ini untuk memajukan kekebalan, imunitas. Itu penting, ” kata Arie Sutopo dalam konvensi secara virtual pers bersama Dasar Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 daripada Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (3/10).

Ia mengatakan pandemi Covid-19 memaksa banyak orang buat bekerja dari rumah guna menghindari penularan virus mematikan ini yang dapat terjadi ketika banyak berinteraksi dengan orang lain di sungguh rumah. Kondisi yang mengharuskan orang-orang untuk tetap di dalam vila itu, menurut nya, seharusnya tidak mengendurkan semangat mereka untuk tetap berolahraga.

Dikatakannya, invalid olahraga akan menimbulkan banyak kekacauan kesehatan. Sebaliknya jika orang-orang terus bergerak dan berolahraga, maka metabolisme tubuh akan lancar dan gaya tahan tubuh juga akan meningkat.

“Jadi kita mesti terus bergerak dan berolahraga. Nah, kalau kita bergerak, di panti atau olahraga, itu daya awet naik. Itu hebatnya, ” prawacana dia.

Dengan tetap bergerak dan berolahraga, jumlah sel darah putih akan meningkat. Dengan begitu tubuh memiliki pertahanan dengan kuat dan dapat menghalau seluruh virus yang berusaha masuk ke dalam tubuh.

“Jadi begitu Covid-19 datang, langsung dihantam sepadan sel darah putih ini. Tapi kalau kita diam-diam saja, prajurit di dalam tubuh juga enggak naik. Begitu Coovid-19 datang, dipukul sama Covid-19, mati semua tentara (pertahanan tubuh) kita, ” kata pendahuluan Arie Sutopo menjelaskan.

sumber: Kurun