IHRAM. CO. ID,   BEIJING — China dan Iran memiliki ikatan ekonomi dan politik yang bagus dan dinamis. Ikatan mereka semakin diperkuat dengan dibangunnya Jalur Sutra baru oleh China yang melewati jalur maritim dan darat Iran.

Presiden China Xi Jinping dan sejumlah analis China menyebut peran Iran di Jalur Sutra baru itu istimewa, efektif, & penting.

Presiden Jinping menyatakan Iran memiliki posisi khusus di jalur tanah Jalur Sutra. Iran menjadi gerbang utama Jalur Sutra karena melekatkan China dengan negara-negara kawasan lainnya.

Xi Jinping memperkenalkan inisiatif ‘One Belt, One Road’, sebuah rencana untuk menghubungkan Tiongkok dengan Asia, Afrika, dan Eropa melalui jaringan pelabuhan, kereta api, dan jalan besar sejak 2013.

Iran, di mana tirta dan udaranya merupakan jalur pengiriman sumber energi ke Asia Daksina dan Timur melalui rute maritimnya, dapat menjadi gerbang penting untuk mitra ekonomi timur yang bergaya seperti India dan Cina.

Seorang mahir China, Bingbing Wu, wawancara dengan IRNA tentang masalah ini & mengatakan proyek Jalur Sutra perdana dapat membantu Beijing dan Teheran mengembangkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Proyek One Belt, One Road untuk membina kerja serupa bilateral dan multilateral merupakan keinginan dan tuntutan kedua negara.

Sejalan dengan memenuhi kebutuhan tersebut, presiden China melakukan perjalanan ke Iran di dalam 2016 dan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Iran mengenai order dan kerja sama di dalamnya.

Masukan menunjukkan bahwa kereta Yiwu-Teheran merupakan kereta barang pertama yang membelakangi China menuju Iran melewati Kolom Sutra beberapa hari lalu.

Peristiwa ini membuat Iran bertekad untuk mengembangkan hubungan dengan China di belang ini.

Iran, khususnya Pelabuhan Chabahar Iran selatan, digambarkan oleh para terampil sebagai rute maritim penting untuk Jalur Sutra.

Presiden China menggambarkan order tersebut sebagai inisiatif besar buat meningkatkan kerja sama internasional.

China memandang proyek itu sebagai proyek yang dapat membantu mencabut terorisme dan ekstremisme. China percaya bahwa negeri2 Jalur Sutra harus bekerja persis untuk membantu globalisasi berkembang.

China menguatkan proyek Jalur Sutra bukanlah suatu rencana politik, melainkan sebuah kiprah untuk mengembangkan kerja sama antar-negara dan membangun perdamaian dan kebahagiaan.