4 tenaga medis itu diketahui ialah warga bantul.

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY masih terus bertambah. Bahkan, di Senin (27/7) ini dilaporkan empat tenaga kesehatan positif.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, 4 tenaga kesehatan tersebut merupakan awak Bantul. Total kasus baru nyata pada 27 Juli ini dilaporkan 15 kasus, termasuk di dalamnya empat tenaga kesehatan tersebut. “Empat tenaga kesehatan didapatkan positif daripada screening terhadap karyawan kesehatan oleh Dinkes Bantul, ” kata Berty, Senin 927/7).

Tengah, 11 kasus baru positif Covid-19 lainnya terdiri dari dua masyarakat Gunungkidul, enam warga Sleman serta tiga warga Bantul. Sebagian gembung dari 11 kasus positif ini memiliki perjalanan dari luar DIY. “Bertambahnya 15 kasus baru ini menjadikan jumlah kasus positif di DIY menjadi 558 kasus pada 27 Juli 2020, ” perkataan Berty.

Selain adanya tambahan kasus baru, Berty pula melaporkan tambahan tiga kasus positif yang dinyatakan sembuh. Tiga kejadian sembuh ini merupakan warga Gunungkidul. “Kasus sembuh bernomor 350, 404 dan 324 di DIY, ” jelas Berty.

Dengan begitu, total kesembuhan positif Covid-19 ini sudah mencapai 350 urusan atau 62, 7 persen pada DIY. Didapatkannya 15 kasus baru dan tiga kesembuhan kasus positif ini merupakan pemeriksaan terhadap 888 sampel dari 786 orang dengan menjalani tes swab/PCR.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 meninggal dunia dalam proses laboratorium juga bertambah satu kasus. PDP ini merupakan warga Sleman dengan berjenis kelamin laki-laki dengan umur 53 tahun. “PDP yang wafat di DIY sudah sejumlah 33 orang dari total 174 orang yang masih dalam proses lab., ” kata Berty.