Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Kaligrafi dibuat dengan latar belakang hitam & emas.

REPUBLIKA. CO. ID,   ISTANBUL — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyumbangkan kaligrafi untuk Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul.   Dilansir di Daily Sabah,   Rabu (9/12),   kaligrafi tersebut dibuat oleh ahli kaligrafi Mehmet Ozcay dengan latar perempuan hitam dan emas, menampilkan ayat ke-159 dan 160 dari tulisan Al-Imran.

Dua baris pertama ditulis dengan naksh, sebuah skrip kaligrafi yang lebih kecil dan lengkap. Sedangkan baris kedua, ketiga, dan keempat dibuat dengan jenis skrip kaligrafi lain yang disebut thuluth.  

Kaligrafi, yang berukuran 234 kali 350 sentimeter itu ditempatkan di dinding dekat mimbar. Bagian ke-159 dan 160 berbunyi, “Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah hangat terhadap mereka. Sekiranya engkau berpose keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam perkara itu. Kemudian, apabila engkau sudah membulatkan tekad, maka bertawakallah pada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal. Jika Allah mengakomodasi kamu, maka tidak ada dengan dapat mengalahkanmu, tetapi jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapa yang dapat menolongmu setelah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal. ” 

Kaligrafi itu pula mencantumkan nama pembuat kaligrafi serta tanggal sumbangannya. Di dalamnya juga terdapat tulisan: “Lempengan itu dikasih oleh Recep Tayyip Erdogan ke Masjid Agung Hagia Sophia di dalam kesempatan dibuka kembali untuk beribadah”.