Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berikan cuti 10 hari bagi suami yang istri melahirkan

REPUBLIKA. CO. ID,   PADANG — Pada pertemuan dengan Dinas Pemberdayaan Rani dan Perlindungan Anak (DPPA) pada ruang kerja, Kamis (3/9) Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno rancang Peraturan Gubernur (Pergub) Cuti Dasar Penting (CAP) untuk suami yang istrinya melahirkan.

Pergub tersebut berdasarkan peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 yaitu PNS laki-laki yang istrinya mengemukakan dengan cara operasi ceasar bisa diberikan cuti alasan penting secara melampirkan surat keterangan rawat inap dari unit pelayanan kesehatan.

“Kita akan rancang Pergub tentang itu, dimana Aparatur Sipil Negara yang istrinya melahirkan dikasih cuti alasan penting selama 10 hari, ” kata Gubernur.

Dengan Pergub tersebut diharapkan adanya keseimbangan peran antara suami dan istri. Suami ikut memberikan suport kepada istri ketika masa-masa sulit setelah melahirkan.  

Peran suami amatlah penting setelah istri melahirkan, karena kadang-kadang pasca melahirkan tidak semua hidup siap dengan kondisi tersebut, apalagi ada beberapa kasus yang merasai syndrome, yang dikenal dengan baby blues syndrome, dimana munculnya perasaan gundah dan sedih secara kelewatan.

Untuk itu kesamaan peran suami dan istri haruslah seimbang, tidak ada yang agung, tidak ada yang rendah, saling kerjasama satu sama lain, jadi tidak terjadi ketimpangan dan kesejangan dalam sebuah rumah tangga.