Festival Sendratari Sleman disiarkan melalui youtube Disbud Sleman.

REPUBLIKA. CO. ID, SLEMAN — Jawatan Kebudayaan Kabupaten Sleman menggelar Festival Sendratri 2020 di Gedung Kesenian Sleman. Acara yang dilaksanakan di Senin (14/9) ini disiarkan dengan langsung melalui akun YouTube Disbud Sleman.

Festival diikuti enam sanggar, yakni Sanggar Tari Larassanti dari Kecamatan Moyudan, Sanggar Sari Djagad Kecamatan Prambanan, Sanggar Tari Kembang Sakura Kecamatan Mlati, Sanggar Tari Sekar Jaya Shree Kecamatan Cangkringan. Kemudian Sanggar Seni Cindhe Wulung yang juga dari Kecamatan Cangkringan, dan Sanggar Cikrak Kina dari Kecamatan Berbah.

Kepala Disbud Sleman, Aji Wulantara mengatakan, pesta tidak cuma menumbuhkembangkan seni budaya. Tapi, lanjut Aji, digelar buat memberikan hiburan kepada masyarakat dengan banyak beraktivitas di rumah. Dia berharap, festival ini bisa dinikmati masyarakat di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Aji menekankan, penyelenggaraan pesta ini menjadi bagian dari upaya melestarikan budaya di Sleman, ” kata Aji, Selasa (15/9).

Apalagi, Sleman memiliki penuh sanggar tari, sehingga kegiatan ini turut jadi ajang mempertahankan presensi sanggar tari. Selain itu, festival menjadi wadah mempersiapkan kontingen-kontingen buat Festival Sendratari tingkat DIY.

Setelah dilakukan penilaian, Studio Sekar Jagad dari Kecamatan Prambanan ke luar sebagai juara utama. Disusu, Sanggar Tari Kembang Sakura dari Kecamatan Mlati, lalu Studio Cikrak Kina dari Kecamatan Berbah.

“Selanjutnya, juara mulia akan dikirim mewakili kontingen Sleman untuk tampil dalam Festival Wayang golek tingkat DIY, ” ujar Aji.