Leeds akan menjamu City Sabtu (3/10) malam WIB.

REPUBLIKA. CO. ID,   LEEDS — Salah satu tim promosi Liga Primer Inggris musim ini, Leeds United, akan menjamu runner-up Liga Primer Inggris musim lalu, Manchester City, pada Stadion Elland Road pada pasar keempat Liga Primer Inggris, Sabtu (3/10) malam WIB. Sorotan pati di laga ini tertuju di dalam pertemuan dua pelatih kawakan, Marcelo Bielsa dan Pep Guardiola.

Dalam sejumlah kesempatan, Guardiola sempat mengakui, Bielsa merupakan pembimbing sekaligus inspirasinya dalam dunia kepelatihan. Namun, Bielsa justru merasa tidak sebagai mentor ataupun guru bagi pelatih asal Spanyol tersebut. Guardiola, tutur Bielsa, memiliki kemampuan tersisih yang unik.

Menurut pelatih asal Argentina itu, Guardiola memiliki imajinasi yang begitu tinggi soal bagaimana menampar bola seharusnya dimainkan. Imajinasi ini, kata Bielsa, mampu diwujudkan oleh mantan pelatih Barcelona tersebut. Bielsa pun merujuk saat Guardiola jadi membawa Barcelona mencapai kesuksesan dalam berbagai ajang pada 2009 maka 2011 dengan menerapakan gaya tipuan tiki-taka.

”Saya tidak merasa sebagai pembimbing Guardiola. Jika menyebut pelatih yang memiliki ide yang benar-benar selamat dan independen, maka pelatih itu adalah Guardiola. Saya katakan tersebut, karena tim yang dia mengarahkan bermain tidak seperti tim lain, terutama bagaimana dia menemukan solusi dan menerapkanya di dalam tipuan. Buat sebagian orang, Barcelona pada bawah kendalinya adalah tim utama di sepanjang sejarah sepak bola, ” ujar Bielsa seperti dilansir Sky Sports , Jumat (2/10).

Mantan pelatih Athletic Bilbao itu bahkan menyebut, lawatan City di Elland Road akan menjelma laga terbesar buat timnya pada pentas Liga Primer Inggris musim ini. Kendati begitu, Bielsa menegaskan, The Whites akan mencoba menampilkan performa terbaiknya. Terlebih, dalam dua laga terakhirnya, Leeds United bisa meraih kemenangan beruntun.

Sebelumnya, Leeds United mampu membungkam Fulham, 4-3, serta Sheffield United, 1-0. ”City merupakan satu diantara tim terbesar di Federasi Primer Inggris, dan laga ini akan menjadi laga terbesar untuk kami. Kami akan tampil secara cara yang sama seperti pada laga sebelumnya, karena hanya itu yang kami tahu, ” kata eks pelatih Marseille tersebut.