Terdapat 17 peristiwa positif Covid-19 yang baru terkonfirmasi

REPUBLIKA. CO. ID, TASIKMALAYA — Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kabupaten Tasikmalaya mengalami lonjakan kaya. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya mulai Kamis (30/7), terdapat 17 urusan positif Covid-19 yang baru terkonfirmasi.  

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, pihaknya tak bisa menghindari orang tertular Covid-19. Sebab, tenggat saat ini  belum  juga ditemukan  vaksin untuk  penyakit Covid-19. “Jadi risiko tertular itu tinggi. Upaya kita, fokus menyelamatkan yang tertular. Lalu melakukan pengendalian agar Covid-19 tidak menyebar, ” kata tempat, Kamis.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan segera melayani kajian untuk memetakan wilayah yang memiliki potensi penularan Covid-19 yang tinggi. Nantinya, pemkab akan melakukan uji usap (swab test) dalam wilayah-wilayah yang memiliki risiko transmisi yang tinggi.  

Ade  mengimbau masyarakat  untuk  tetap waspada. Ia mengingatkan, saat ini merupakan masa kenormalan baru (new normal), bukan masa yang wajar. Namun, lanjut dia, masyarakat tak perlu panik. “Aktivitas boleh akan tetapi tetap jaga protokol kesehatan. Semua juga harus saling mengingatkan. Karena sekarang kelihatannya kembali longgar, ” kata dia.  

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, terdapat penambahan 17 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam Kamis. Saat ini, total kasus terkonfirmasi di Kabupaten Tasikmalaya berjumlah 33 orang. Sebanyak 23 karakter masih menjalani perawatan, sembilan karakter sembuh,   dan satu meninggal dunia.