Pemerintah menggaet Bukalapak untuk mempromosikan keluaran UKM Indonesia di luar negeri

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meluncurkan Indonesia Virtual Showcase di Singapura, yakni pameran produk-produk lokal Indonesia yang ditampilkan secara maya di http://showcase.indonesiastore.sg .

“Saya mengucapkan aman kepada KBRI Singapura atas peluncuran Indonesia Virtual Showcase. Kami benar mendukung promosi yang dilakukan melalui platform berbasis digital. Kami tetap, saat ini platform digital hendak memainkan peran yang lebih istimewa dalam pemulihan ekonomi, ” sekapur Mendag Agus Suparmanto lewat bukti resmi diterima di Jakarta, Kamis (27/8).

Platform itu memfasilitasi eksportir Indonesia untuk menggelar pasar di Singapura dan pasar global. Selain itu membantu importir Singapura menemukan produk Indonesia dengan berkualitas dan eksportir Indonesia yang kredibel.

Mendag Agus Suparmanto menjelaskan beberapa upaya dengan dilakukan pemerintah guna meningkatkan perniagaan digital regional.

Lupa satunya dengan ikut berpartisipasi dalam ASEAN Online Sale Day (AOSD). Selain itu pemerintah juga telah bekerja sama dengan salah kepala unicorn Indonesia, yaitu Bukalapak, buat mempromosikan produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.

“Saat ini kami telah memfasilitasi buatan Indonesia di platform laman pemasaran ( marketplace ) Amazon dengan nama Archipelago. Selain itu kami juga gencar menggalakkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) sebagai bentuk dukungan kepada UKM agar mau mempromosikan produknya pada platform unicorn Indonesia, ” perkataan Mendag.

Mendag berharap ke depannya platform ini dapat meningkatkan promosi produk Indonesia, sehingga dapat mendorong peningkatan ekspor serta pembangunan ekonomi Indonesia. Platform tersebut diharapkan dapat semakin mempererat hubungan bisnis kedua negara sahabat Indonesia-Singapura.

Pada kesempatan itu Mendag Agus Suparmanto juga menaikkan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-35 yang rencananya akan diselenggarakan dengan virtual pada 10 November 2020.

sumber: Antara