Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

KPAI menodong kesiapan sekolah untuk bersekolah tatap muka jadi pengutamaan utama

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Menjelang penerapan pembelajaran tatap muka, Komite Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong adanya penerapan desain pencegahan berlapis yang konsisten untuk mengurangi covid 19 di satuan pendidikan.

Sebelumnya, Ahad lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengumumkan sebanyak 14 Daerah yang dinyatakan siap menyelenggarakan sekolah tatap muka ataupun pembelajaran tatap muka (PTM).  

Ke-14 provinsi tersebut adalah Jawa Barat, DI Yogyakarta, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Barat.  

Dari keempat belas provinsi tersebut mayoritas berkecukupan di luar Jawa, makin Provinsi Sulawesi Barat yang baru saja mengalami bencana alam gempa bumi juga tercatat yang dinyatakan siap.

Bukti menunjukkan kalau banyak sekolah di bermacam-macam Negara yang membuka madrasah dengan menerapkan strategi pencegahan secara ketat dapat menelungkupkan dengan aman pembelajaran tatap muka.  

“Oleh karena itu, KPAI mendorong adanya penerapan desain pencegahan berlapis yang tetap untuk mengurangi covid 19 di satuan pendidikan. Penyediaan jauh lebih penting dipastikan, “ujar Komisioner KPAI, Retno Listyarti, dalam pernyataan resminya, Selasa (30/3).