Lima orang tim Relawan Rumah Derma diterjunkan untuk melakukan assessment

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Lima orang tim Relawan Sendi Zakat diterjunkan untuk melakukan assessment dan memberikan bantuan pakan satwa ke Exotarium Mini Zoo Yogyakarta. Kedatangan tim relawan pun disambut sebab drh Akbar selaku pemilik Exotarium Jogja Mini Zoo.

Setelah itu, tim langsung melakukan tur assessment dipandu oleh Nur, selaku penanggung jawab pemeliharaan satwa. Beliau menjelaskan kalau selama pandemi Covid-19, mini zoo sempat tutup empat bulan, baru bekerja setelah pengumuman new normal pada Juli kemarin.

“Untuk menutupi masalah pakan, di exotarium juga menanam kacang panjang, kangkung sehingga
kebutuhan pakan pasti terjaga, ” ucapnya.

Beliau selalu menjelaskan untuk perawatan, pemeliharaan kandang dan satwa menjadi prioritas sempurna,
jangan sampai ada hewan yang terlihat kurus atau kurang bergizi karena akan berdampak di dalam image
dari mini zoo sendiri. “Ya tetap harus berjuang dulu raka, kebutuhan per bulan untuk pakan saja bisa sampai 30 juta lebih, kita bertahan dulu, menghemat dan memangkas, dan mencoba perubahan untuk meminimalkan anggaran, ” tambah Nur.

Mati dan assessment diakhiri dengan diskusi beserta penyerahan simbolis pakan dan tumpuan dana untuk
membantu operasional pakan satwa. “Matur nuwun Rumah Derma dan donatur dari Kitabisa. com, kami akan sebaik baiknya memanfaatkan donasi ini dengan sebaik baiknya. Semoga bisa sinergi kembali dilain waktu, sekali lagi terima iba, ” ujar Akbar.