Sekda Pemkot Hardiono menyatakan masyarakat mendorong adanya perubahan di Depok

REPUBLIKA. CO. ID,   DEPOK — Penulis Daerah Pemerintah Kota (Pemkot), Hardiono menilai jika Depok perlu tersedia perubahan ke arah yang bertambah baik agar terwujudnya good and clean governance.

“Reformasi birokrasi dianggap jadi poin penting untuk bisa mewujudkan tata laksana pemerintahan yang baik, sistem tadbir yang bersih serta merupakan sepadan pemerintahan yang efektif, efesiensi, benar, transparan, bertanggung jawab dan berwibawa dalam melakukan manajemen pemerintahan, ” ujar Hardiono di Balai Kota Depok, Kamis (6/8).

Menurut Hardiono, sejauh ini masyarakat juga mendorong untuk adanya perubahan di Kota Depok. “Harus ada reformasi birokrasi. Mulai dari kepegawaian, struktur, penempatan orang dan fungsi Aparatur Sipil Negeri (ASN) sesungguhnya, ” ungkapnya.

Dia memasukkan, banyak sektor yang harus dibenahi jika Kota Depok ingin menjelma kota yang lebih baik dan bersih. “Reformasi birokrasi itu penting. Perlu dilakukan segera. Terutama sumber daya manusia (SDM) dan tata kelola pemerintahannya, ” tegas Hardiono.

Tinggi Hardiono, Kota Depok harus bagak melakukan reformasi birokrasi. “SDM kita urai lagi dari top manajemen, punya tidak komitmen itu. Kalau tidak ada komitmen di tangga atas ya repot juga. Selain itu Pemkot Depok harus memihak aktif ke pemerintah pusat & Pemrov Jawa Barat. Jangan berkunjung ke kecamatan terus, ” ungkapnya.

Tujuan reformasi birokrasi dikatakan untuk mewujudkan tata kelola Pemkot Depok dengan baik ( good governance ), profesional, berintegritas agung, dan menjadi pelayan masyarakat dengan baik.

“Birokrasi seperti itu diharapkan bakal memberikan kontribusi nyata pada capaian kinerja Pemkot Depok. Dalam rancangan menjalankan program reformasi birokasi benar yang paling menjadi sorotan adalah mentalitas ASN, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tata laksana, peraturan perundangan, serta pelayanan publik, ” pungkas Hardiono.