Sergio Ramos Kapten Real Madrid dapat ganjaran penalti usai jerseynya ditarik Lenglet

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Sebuah tendangan penalti yang sukses dieksekusi Sergio Ramos membantu Real Madrid memenangi El Clasico dengan skor 3-1 arah tuan rumah Barcelona dalam laga pekan ketujuh Liga Spanyol dalam Stadion Camp Nou, Sabtu.

Uang lelah tendangan penalti dimenangi oleh Ramos sendiri, saat jerseynya ditarik oleh Clement Lenglet dalam situasi sepak pojok dan aksi teaterikal si kapten saat menjatuhkan diri pas meyakinkan wasit Juan Martinez Munuera menunjuk titik putih setelah sejenak meninjau tayangan ulang VAR.

Ramos mengirimkan tendangan penalti yang arahnya bisa ditebak oleh kiper Neto, tetapi cepat bola tak terhenti melesak ke dalam gawang membawa Real Madrid memimpin kembali pada menit ke-63.

Sebelumnya, Real Madrid sempat ulung cepat lewat gol cantik Federico Valverde yang dibalas instan sebab Barcelona melalui Ansu Fati. Sesudah penalti Ramos merestorasi keunggulan, kemenangan Real Madrid dilengkapi gol pengujung laga Luka Modric, demikian rencana laman resmi Liga Spanyol.

Pertandingan awalnya melunasi ekspektasi sebuah laga El Clasico ketika kedua tim tampil proaktif menyerang sejak sepak mula.

Tim tamu menelungkupkan keunggulan pada menit kelima saat umpan terobosan apik Karim Benzema diselesaikan dengan sempurna oleh Valverde ke area tiang jauh.

Namun, tiga menit kemudian Barcelona memberi jawaban instan saat Jordi Alba lolos sejak jebakan offside sebelum mengirimkan sasaran tarik yang diselesaikan baik oleh Fati untuk menaklukkan kiper Thibaut Courtois.

Semenjak itu kedua tim terus saling serang dan pada menit ke-24, baik Courtois maupun Neto bergantian melakukan penyelamatan gemilang. Courtois menepis sepakan Lionel Messi dan Bersih menghalau tembakan bersih Benzema.

Skor imbang berdiam hingga turun minum dan Barcelona mempunyai sedikitnya dua peluang rupawan untuk berbalik memimpin tetapi sepakan Fati melenceng dan sundulan Philippe Coutinho hanya menghantam sisi luar jala gawang.

Insiden di kotak penalti Barcelona pada menit ke-60, yang melibatkan Lenglet dan Ramos cukup menukar jalannya pertandingan. Tiga menit dihabiskan wasit meninjau VAR sebelum menghadiahi tendangan 12 pas untuk Real Madrid yang dimanfaatkan baik oleh Ramos demi membawa timnya kembali memimpin 2-1.

Penalti itu seperti menghantam moral para pemain Barca yang tampak kurang bernafsu menyerang, tetapi dalam menit ke-79 mereka mendapat peluang bagus berupa tendangan bebas pas di luar kotak penalti Real Madrid. Sayang eksekusi Messi menyampuk pagar hidup dan hanya menjelma sepak pojok.

Real Madrid selanjutnya memegang kendali permainan dan hampir membunuh perlawanan lebih awal, tetapi Neto melakukan dua penyelamatan gemilang atas perut tembakan beruntun dari Toni Kroos.

Namun, Bersih malah melakukan kesalahan ketika keluar dari sarangnya untuk menghentikan pergerakan Rodrygo Goes dan bola bahkan bergulir ke kaki Modric.

Peraih Ballon d’Or 2018 itu tenang menghadapi kerumunan pemain Barcelona, sebelum melepaskan tembakan dingin ke gawang tak bertuan dan memastikan kemenangan Real Madrid jadi 3-1.

Kedua tim akan lebih dulu tampil di kelanjutan Liga Champions dengan Real Madrid bertandang ke Jerman menghadapi Borussia Moenchengladbach di dalam Selasa (27/10) sedangkan Barcelona sehari kemudian melawat ke markas Juventus.

Lantas pada rangkaian laga pekan kedelapan Liga Spanyol, Real Madrid bakal menjamu Huesca di Stadion Alfredo di Stefano pada Sabtu (31/10) kira-kira jam sebelum Barcelona bertamu ke kandang Alaves.

Susunan pemain:

Barcelona (4-2-3-1): Neto; Sergino Dest, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba (Martin Braithwaite); Sergio Busquets (Ousmane Dembele), Frenkie de Jong; Pedri (Trincao), Philippe Coutinho, Ansu Fati (Antoine Griezmann); Lionel Messi

Pelatih: Ronald Koeman

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Nacho (Lucas Vazquez), Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde (Luka Modric), Casemiro, Toni Kroos; Marco Asensio (Rodrygo Goes), Karim Benzema, Vinicius Junior

Pelatih: Zinedine Zidane

sumber: Antara