Sony mengatakan seluruh koleksinya akan tersedia saat PS5 diluncurkan 12 November.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Sony telah mengumumkan PlayStation Plus Collection untuk PlayStation 5. Koleksi itu dideskripsi sebagai khasiat PlayStation Plus baru untuk set yang baru diumumkan ini.

Ini sebenarnya adalah bagian gim PS4 yang bisa pemakai unduh saat peluncuran PS5. Gim ini terdiri dari gim mulia pihak pertama seperti Uncharted 4, God of War, The Last Us: Remastered, Bloodborne, dan tajuk pihak ketiga seperti Batman Arkham Knight, Fallout 4, dan Mortal Kombat X.

Ada juga gim Battlefield 1, Monster Hunter World, Final Fantasy XV, The Last Guardian, Ratchet and Clank, Infamous: Second Son, Days Gone, Detroit: Become Human, Orang 5, Until Dawn serta Resident Evil: Biohazard.

Dilansir dari The Verge , Kamis (17/9), pengguna hendak mengunduh dan memainkan gim-gim tersebut secara langsung. Artinya, gim-gim itu bukan layanan streaming. Sony mengatakan seluruh koleksinya akan tersedia zaman PS5 diluncurkan pada 12 November.

Sebelumnya, Sony mencanangkan harga dan tanggal rilis PlayStation 5 pada sebuah acara yang digelar Rabu (16/9) pukul 16. 00 ET atau Kamis (17/9) pukul 03. 00 WIB. Diketahui, PS5 akan hadir dalam perut versi, yakni versi standar serta versi digital yang memadukan pemutar disk 4K Blu-ray.

Harga konsol PS5 versi digital dibanderol dari 100 dolar lebih  murah dibandingkan versi standar. Konsol versi standar akan dijual 499 dolar AS atau sekitar Rp 7, 4 juta. Harga PS5 Digital Edition dibanderol 399 dolar AS atau Rp 5, 9 juta.

Kedua unit PS5 akan dikirimkan di AS, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru dan Korea Selatan di 12 November. Sementara ketersediaan di seluruh dunia aka nada di 19 November. Sony mengumumkan order akan dimulai besok di pengecer tertentu.