Voucher dan souvenir cantik diberikan pada calon penumpang yang sudah bertiket. 

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Untuk menarik minat masyarakat menggunakan jasa angkutan KA, PT KAI Daop 5 menggelar program bagi-bagi voucher dan souvenir. Program ini dilakukan, menyambut dioperasikannya kembali tiga KA penumpang andalan PT KAI Daop 5, terdiri dari KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir, KA Logawa relasi Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember, dan KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang Banyuwangi.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto menyatakan, program bagi-bagi voucher ini berlangsung selama tiga minggu mulai Rabu (2/9). Voucher dan souvenir ini, diberikan bagi penumpang KA Purwojaya, KA Wijayakusuma dan KA Logawa.

“Voucher tiket KA dan souvenir cantik dari PT KAI ini, diberikan pada hari-hari tertentu. Untuk penumpang KA Purwojaya dan  KA Wijayakusuma diberikan pada setiap hari Rabu, dan voucher bagi penumpang KA Logawa diberikan pada setiap hari Kamis,” katanya, Senin (31/8).

Menurutnya, voucher dan souvenir cantik diberikan pada calon penumpang yang sudah bertiket. Caranya, setiap calon penumpang KA yang memasuki peron akan memutar lucky draw di stasiun Purwokerto atau di atas kereta. ”Yang beruntung, akan memperoleh voucher tiket KA atau berbagai souvenir cantik dari PT KAI,” katanya.

Dia menyebutkan, rangkaian KA Purwojaya menggunakan 9 kereta eksekutif. Meski memiliki  kapasitas 450 tempat duduk, namun pada masa wabah Covid 19 hanya boleh diisi penumpang sebanyak 315 penumpang.

Sedangkan untuk KA Wijayakusuma, merupakan KA jarak jauh yang terdiri dari kelas eksekutif dan ekonomi premium. Untuk KA Logawa, terdiri dari KA kelas bisnis dan ekonomi.

“Dengan pengoperasian tiga KA ini, maka perjalanan KA sudah mulai kembali normal. Secara keseluruhan, PT KAI Daop 5 Purwokerto, sudah mengoperasikan 67 perjalanan KA penumpang jarak jauh dan 8 KA Lokal Prameks / Bandara, serta 23 perjalanan KA angkutan barang,” ujarnya.

Meski demikian, dia menyebutkan, protokol kesehatan secara ketat terhadap para penumpang KA, masih diterapkan secara ketat. Antara lain, bagi penumpang KA jarak jauh wajib memiliki surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, suhu tubuh dibawah 37,3, serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

“Kami juga secara rutin melakukan pembersihan KA dengan cairan yang mengandung desinfektan pada berbagai fasilitas di stasiun dan kereta. Prinsipnya, PT KAI tetap berkomitmen untuk menjadikan kereta api sebagai angkutan massal yang aman, nyaman, selamat, dan tetap bisa menjaga kesehatan para pelanggan dan pegawainya,” ucapnya.