Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Joe Biden secara resmi dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan presiden AS

REPUBLIKA. CO. ID, MOSKOW kacau Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi salah satu pemimpin dunia terakhir yang memberi selamat kepada kandidat calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden atas kemenangannya, Selasa (15/12) zaman setempat. Hal ini dikemukakan setelah electoral college atau lembaga elektoral resmi mengumumkan kemenangan Joe Biden.

Sebelumnya, Moskow mengatakan mau menunggu hasil resmi sebelum melakukannya. Sebagian besar pemimpin nasional lainnya menghubungi Biden beberapa hari sesudah pemungutan suara pada 3 November.

“Kami hanya menunggui akhir dari konfrontasi politik internal, ” kata Putin bulan lalu, mengacu pada banyak tantangan Partai Republik dalam penghitungan suara. Tatkala dalam pesannya hari ini, Putin berharap Biden sukses.

“Rusia dan AS, yang menyandang tanggung jawab khusus untuk keamanan serta stabilitas global dapat terlepas sebab perbedaan, benar-benar berkontribusi untuk menyelesaikan banyak masalah dan tantangan dengan saat ini dihadapi dunia, ” ujar Putin melalui pernyataan Kremlin pada Selasa.

Pemimpin Rusia mencatat bahwa kerja persis Rusia-Amerika yang didasarkan pada keyakinan kesetaraan dan saling menghormati mau memenuhi kepentingan orang-orang di kedua negara dan seluruh komunitas internasional. “Bagi saya, saya siap buat berinteraksi dan kontak dengan Kamu, ” kata Putin.

Joe Biden secara resmi dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan kepala AS. Ia disebut mendapatkan 270 suara elektoral secara sah, secara satu diantara rekor bersejarah raih 55 suara di Kalifornia.

Secara keseluruhan, Biden meraih 306 suara elektoral, sementara Presiden AS Donald Trump yang menjadi kandidat pejawat dalam pemilihan tahun ini menerima 232 suara elektoral. Electoral College (Lembaga Elektoral) secara resmi mengonfirmasi hasil kemenangan Biden pada Senin (14/12).

Kongres AS kemudian akan bertemu pada 6 Januari untuk mengesahkan suara daripada electoral college . Presiden terpilih Biden dan Pemangku Presiden terpilih Kamala Harris mau dilantik secara resmi menjadi majikan negara adidaya itu pada 20 Januari 2021.

sumber: AP